2 minggu tak cukuplah, pak!

Saat postingan ini dirilis, sudah 2x Komisi Pemilihan Umum menggelar Debat Capres. Tapi sekarang saya tidak mau mengomentari atau bahkan mendukung salah satu calon. Saya hanya berharap bahwa calon yang terpilih istiqomah menjalankan tugasnya dan selalu ingat Tuhan dalam setiap langkah dan kebijakannya.

Saya kali ini tertarik dengan salah satu solusi dari Capres Jokowi mengenai penggunaan kartu dan mengubah sistem untuk mengurangi korupsi anggaran dan efisiensi dalam pelayanan publik.

Sudah banyak teman-teman IT yang tertawa, heran, sedih, galau, atau kaget karena candaan (atau itu adalah sifat beliau menggampangkan) Jokowi bahwa penerapan sistem akan gampang, cukup 2 minggu!  Bagi seorang programmer saja, waktu 2 minggu untuk mendevelop software seperti itu sangatlah kurang. Padahal untuk implementasi sistem tidak hanya butuh programmer, tapi (setidaknya) juga dengan tim functional yang menterjemahkan kebutuhan perusahaan/organisasi yang berbahasa procedural/bisnis ke bahasa programmer.

Apakah perubahan sistem bisa menjadi sebuah solusi ?

Pertanyaan di atas akan saya jawab dengan gampang pula, Ya bisa tapi tidak dalam waktu cepat, 2 minggu atau bahkan 1 tahun, bisa lebih.

Mengapa butuh waktu lama ?

Penerapan sistem bukanlah masalah install software semudah kita download apps dari Google Play. Penerapan sistem membutuhkan banyak hal krusial, dua hal paling krusial itu adalah requirements bisnis proses dan perubahan habit (kebiasaan).

Requirements sangatlah perlu untuk bisa mengetahui problem apa yang terjadi sebenarnya, solusi apa yang akan dilakukan, dan laporan apa saja yang ingin dicapai oleh management. Tak mudah memang, apalagi untuk level seperti Nusantara ini yang punya banyak karakter manusia dan problemnya.

Ketika sistem itu diterapkan bisa saja perubahan kebiasaan manusia di dalamnya juga ikut berubah. misalkan saja, jika dulu orang harus muter-muter untuk bisa mendapatkan perijinan, kini hanya perlu nongkrong di depan laptop. Hal yang menyenangkan bagi publik. Tapi bagi petugas belum tentu. karena jika biasanya mereka mengecek dokumen, kini mereka harus mengecek komputer. Dimana bisa saja ketika mereka sekolah, Bill Gates belum rampung membuat PC pertama. Mereka harus belajar lagi dengan kondisi mata dan fisik yang tak lagi seprima 30 tahun lalu.

Ya, perubahan memang perlu usaha besar, tak cukup hanya 2 minggu, tapi memang harus segera dilakukan. Jayalah Nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *