ERP

Agar investasi milliaran bisa maksimal

Perusahaan Anda sudah menggunakan ERP ? Jika belum segeralah mengimplementasikan ERP. Apapun mereknya, saya tidak merekomendasikan brand khusus (meski saya adalah konsultan SAP) karena setiap brand punya karakteristik masing-masing. Tapi percayalah, dengan ERP ada banyak hal yang bisa didapatkan. Seperti: Real-time report, Akurasi laporan, atau pengawasan yang lebih baik.

Ketika sudah mengimplementasikan ERP yang rata-rata lebih dari 3 bulan (ya, ERP yang beneran dan bukan abal-abal butuh waktu untuk implementasi) kemudian apa yang harus dilakukan ? Semoga ERP yang sudah diimpementasikan tidak menjadi sarana input data saja. Ada fungsi luhur di sana, Analisa. Tanpa bisa digunakan untuk analisa, maka investasi Anda yang ratusan juta hingga milliaran itu terbuang PERCUMA.

Apa yang pertama bisa dilakukan ? Sederhana saja, analisa apakah proses input data dan data yang diinput user sudah benar. Karena kevalidan data uang diinput adalah hal paling mendasar. Selain itu, atur serapih mungkin data yang bisa diinput. Pastikan bahwa data yang akan dibuat untuk report sudah masuk dalam ERP dan dalam bentuk yang rapih. Buat parameter yang jelas. Seperti: Kode Customer diawali dengan huruf C dengan jumlah karakter sebanyak 10 buah. Teman-teman IT sangat paham mengenai hal ini. Agar bisa mudah diquery kata mereka.

Dengan berjalannya waktu, akan ada banyak tahapan/proses yang bisa disederhanakan. Buang jauh-jauh pepatah “kalo bisa dibuat sulit, mengapa harus dibikin mudah”. Percayalah, itu menyengsarakan. Buat siapa saja. Proses yang lebih sederhana akan menghemat waktu. Di sisi lain, staff akan punya waktu lebih untuk meningkatkan diri. Ajak mereka untuk melakukan analisa kecil-kecilan apa yang sudah mereka input. Dengan begitu staff akan mempunyai rasa peduli tentang data yang diinput. Ini penting, karena data adalah segalanya.

Hal berikutnya yang bisa dilakukan pada fase post implementation adalah maksimalkan fitur yang ada. seringkali konsultan menganjurkan untuk tidak menggunakan semua fitur yang ada agar implementasi tidak terasa memberatkan. Implementasi adalah perubahan budaya kerja, perubahan kebiasaan seseorang. Akan terasa berat bila kebiasaan yang bertahun-tahun kemudian diubah sedemikian rupa, apalagi bila sudah berumur 🙂

Tak perlu mengoptimalkan semua fitur secara sekaligus, satu-per-satu dulu terutama yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan. Jangan segan berkomunikasi dengan konsultan mengenai hal ini, setidaknya mereka sudah punya pengalaman atas keberhasilan perusahaan lain memaksimalkannya. Anda sudah bayar maintenance support setahun bukan ? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *