Berbagi itu bahagia

Share

cita-cita ini berawal di tahun pertama kuliah, tahun yang sama saat saya bergabung dengan unit kegitan mahasiswa, SCeN Club namanya. ketika itu ada sesi sharing pengalaman dari anggota senior, kelewat senior malah. dia sudah masuk dunia kerja waktu itu.

bahasannya menarik, terlihat dari mata teman-teman yang terlihat takjub. dan memang di bangku kuliah belum diajarkan. tak akan diajarkan. begitulah silabus di negeri ini, ada gap menganga antara mata kuliah untuk sarjana dengan dunia kerja. tak sambung.

“bertahun dari sekarang, kita yang akan di depan. memberi sharing”. begitu kata saya pada teman di sebelah.

7 tahun selepas dari kampus, giliran itu datang. saya kena todong memberikan sharing kepada anggota yang masih aktif di kampus. bahagia bercampur terpaksa sebenarnya. karena waktu yang ditentukan adalah di sela-sela acara reuni. tak apalah  toh hanya sebentar. 2 jam sharing kira-kira.

hari itu pun datang. sabtu sore dipilih sebagai waktu yang tepat. anggota aktif bisa datang, anggota dari luar-kota pun bisa menyempatkan datang. acara kenalan pun dimulai. rentang generasi yang lebih dari 15 tahun membuat tiap generasi memperkenalkan diri seunik mungkin. biar ingat terus, biar kalau bertemu di lain kesempatan tak lupa menyapa katanya.

setelah rehat sholat ashar, sesi sharing dimulai. ketika itu saya bawa materi tentang ERP, bidang saya saat itu. jelas saya menang, toh saya punya kesempatan lebih dulu belajar dibanding mahasiswa yang masih aktif. sharing berjalan lancar, hingga listrik kampus padam tepat 15 menit sebelum maghrib. beruntung diingatkan Allah. sharing pun usai.

tak jadi soal, belum semua materi tersampaikan. ada lain waktu insyaa Allah. tapi perasaan bahagia bisa sharing berbagi ilmu dan pengalaman memang meluap. lega bercampur bangga. apalagi setelah sholat maghrib, ketika acara ramah-tamah reunian dilangsungkan, ada beberapa mahasiswa yang bertanya lebih jauh tentang materi tadi. bahagia, ternyata ada yang menyimak dan mendapatkan sesuatu dari sharing saya.

pantas saja Allah memberikan tempat terindah bagi yang mau bersedekah ilmu yang bermanfaat. bahagia memang. alhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *