your mother is your source of success

saya sendiri baru menyadari arti dari ‘your mother is your source of success’ 2 tahun lalu, belum lama.

ketika itu saya merasakan bahwa hidup saya kacau, tak ada tujuan. uang yang masuk hanya singgah sebentar, dan kemudian hilang entah kemana. setiap malam dari yang masa masih di rumah saya bisa tidur mulai jam 9 malam, menjadi tak bisa tidur hingga lebih dari jam 12 malam, itu pun karena capek.

saat itu saya berpikir bahwa saya harus membuat spasi dalam hidup saya. ya spasi kehidupan, layaknya sebuah jeda dalam kalimat agar kalimat tersebut indah dibaca. saya kemudian resign dan pulang kembali ke rumah. saat yang tepat ketika itu, karena tak lama kemudian adalah bulan puasa. saat tepat untuk bercermin.

kekacauan hidup tak berhenti seketika, hingga pertengahan bulan puasa atau hampir 2 bulan saya menganggur. bapak sudah mulai tanya kanan-kiri apakah ada lowongan kerja untuk anaknya. –saya tidak banyak keluar rumah untuk mencari kerja, hanya lewat internet yang memang tidak terlalu terlihat sebagai sebuah usaha oleh bapak.

tepat di pertengahan ramadhan tersebut, saya mendapat invitation tak terduga untuk tes kerja di salah satu perusahaan rokok terbesar Indonesia. dengan lancar dan meyakinkan saya berhasil lewati rangkaian tes tulis dan interview hrd. namun ntah mengapa sebelum berangkat untuk tes terakhir hati ini aneh serasa ragu untuk berangkat. dan kemudian saya ceritakan kegelisahan tersebut kepada ibu.

ibu berpesan: “sepintar apapun kamu, kamu tidak bisa membolak-balikkan hati dan pikiran yang mengintervew kamu, hanya Allah yang bisa. berdoalah, mintalah”

saat itu saya hanya mengiyakan saja, tanpa berbuat apapun. dan benar, ketika berada di ruang interview saya gagap, tak bisa menjawab banyak hal seperti pada tes-tes sebelumnya. saya termenung dalam perjalanan kembali pulang.

kembali saya apply lewat internet tak berubah caranya, hanya saja kemudian saya aplikasikan pesan ibu untuk meminta restu dari Allah. tak lama, hanya berselang hitungan hari tawaran pekerjaan dari perusahan konsultan SAP datang, semua berjalan lancar hingga sebuah email masuk dengan mengatakan: “Triadi, senin depan kamu bisa ke Jakarta?”

berhenti sejenak, uang saya sendiri sudah habis, tuntas.

siang itu juga, masuk email kedua: “Saya pesankan tiket hari ini juga jika kamu mau berangkat ke Jakarta. saya tunggu keputusan kamu segera”

alhamdulillah, satu mimpi tercapai.

sejak saat itu, setiap kali akan mengambil keputusan penting, akan menangani project baru, atau ada hal apapun saya selalu meminta restu dari ibu. Dan hasilnya, sampai sekarang pun saya masih terkejut, segala urusan dimudahkan, rejeki alhamdulillah bisa saya nikmati, dan impian untuk bisa traveling gratis ke berbagai tempat di indonesia terwujud. –saya menulis artikel ini di Jayapura, ibukota propinsi paling timur negeri ini.

semua itu karena, ridho Allah tergantung pada ridho ibu. 🙂

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.’” (Al Isro’: 23)

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (An Nisa: 36).

“Aku pernah bertanya kepada Rosululloh, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau menjawab, ‘mendirikan sholat pada waktunya,’ Aku bertanya kembali, ‘Kemudian apa?’ Jawab Beliau, ‘berbakti kepada orang tua,’ lanjut Beliau. Aku bertanya lagi, ‘Kemudian?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah.’” (HR. Al Bukhori no. 5970).

2 thoughts on “your mother is your source of success

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *